Bila Anda seorang Pengusaha atau Sales Person tentu anda pernah mengalami atau menerima KOMPLAIN dari pelanggan. Banyak Sales yang seringkali “takut” bila menerima KOMPLAIN dari pelanggannya, terkadang mereka melarikan diri dengan berbagai alasan, seperti : HP di non aktifkan, di cari tidak ada dan berbagai alasan lainnya dengan tujuan terhindar dari “omelan” pelanggan.
Sebenarnya bagaimana kita menghadapi keluhan pelanggan?IBM menyebut menerima keluhan pelanggan sebagai “KEBAHAGIAAN”.
Kebahagiaan karena pelanggan masih mau menyampaikan keluhan, bayangkan kalau mereka tidak menyampaikan kepada anda masalah yang dihadapi maka mereka akan menyampaikan kepada orang lain dan ini akan menyebabkan image yang negative terhadap produk ataupun perusahaan anda.
Maukah anda mendapatkan “KEBAHAGIAAN”
Kalau MAU hadapilah keluhan dan komplain dari pelanggan Anda dan jangan pernah melarikan diri, semakin anda lari maka masalah bukan semakin berkurang tapi malah akan semakin bertambah.
Tetapi ketika Anda menyelesaikan keluhan pelanggan maka otomatis masalah akan selesai dan membuat anda lebih enak tidur, bukankah itu sebuah tanda bahwa anda telah mendapatkan KEBAHAGIAAN
http://dedybudiman.com
0 komentar:
Posting Komentar